Evolusi Internet Dari Tahun 1996 s/d 2011

Dalam Artikel ini berisikan grafik informasi yang menarik bagaimana penggunaan internet dan desain halaman web telah berubah selama lima belas tahun terakhir. Lihatlah pada akhir 90-an halaman web yang digunakan terlihat masih sederhana.


Banyak yang beranggapan bahwa Web merupakan refleksi dari sebuah sarkisme.
Tetapi hanya berselang 15 tahun, internet mengalami kemajuan pesat seperti yang diharapkan.



Internet Dulu dan Saat Ini

Bill Clinton pernah mengatakan ketika menjabat sebagai Presiden, hanya fisikawan berenergi tinggi yang pernah mendengar tentang apa yang disebut "world wide web (www)" sekarang bahkan kucing saya punya situs sendiri". Clinton membandingkan ketika baru muncul internet hanya ilmuan kelas atas yang tau, tapi saking pesatnya kemajuan internet kucingpun diibaratkan punya web page sendiri.



Pengguna Internet Di Amerika

Pada tahun 1996 jumlah pengguna internet di Amerika diperkirakan sebanyak 20 juta.
Jumlah tersebut meningkat lebih dari 10 kali lipat menjadi 254 juta pengguna di tahun 2011.


Rata-Rata Waktu Penggunaan Internet

Tahun 1996 rata-rata orang di Amerika menggunakan internet hanya 0.5 jam/bulan sedangkan tahun 2011 meningkat menjadi 27 jam/bulan.
Hal ini menjadi bukti bahwa internet semakin dibutuhkan


Waktu Rata-Rata Loading Page

15 tahun lalu untuk membuka sebuah page butuh waktu sekitar 30 detik, tetapi sekarang hanya butuh waktu sekitar 6 detik saja. Bayangkan kemajuan teknologi memudahkan manusia untuk mengakses sebuah page sehingga terasa betah kalo berhadapan dengan internet tanpa harus menggerutu lagi ketika menunggu page terbuka.


Situs Paling Populer

Manajemen Aol.com dulu boleh bangga karena situs mereka paling banyak dikunjungi tapi saat ini Google Sites tidak disangsikan lagi sebagai situs yang paling populer. AOL yang kini berganti domain menjadi inc turun ke urutan 5. Situs Archive.Org melaporkan bahwa sejak tahun 1996 hinggi kini arsip data internet yang tersimpan mencapai 2 petabyte. Sedangkan di tahun 2011 rata-rata pertumbuhan data baru yang tersimpan 20 terabytes per bulannya.


Tampilan Web Dulu dan Saat Ini

Coba perhatikan gambar di atas pada website yang sama! Tampak sekali perbedaan kontras tampilan website dulu dan saat ini. Di era 90-an tampilan desain web masih sangat baku dan sederhana. Berbanding terbalik dengan tampilan website saat ini dengn resolusi gambar yang lebih tajam, desain grafis menarik, fitur makin lengkap dan lain-lain.


Artikel Terkait:

1 comments:

Entjep boedax TeKaJe mengatakan...

follow blog saya gan,
http://www.boga-boedaxtekaje.blogspot.com/

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW jadi tinggal masukin nama + URL anda.
bila ingin tetap bertukar link dengan saya ya tidak apa apa:D
Jangan SPAM ya :D