Tips Mendapatkan Kualitas Cetak yang Baik dan Merawat Printer

1. Bagaimana cara mendapatkan hasil cetak yang berkualitas?
a. Pastikan Anda selalu menggunakan tinta original  yang dipadukan dengan kertas foto original. 

b. Untuk dokumen teks di kertas HVS, pastikan Anda menggunakan kertas berkualitas bagus dengan serat kertas rapat, halus dan tidak berbulu. Bulu-bulu dari serat kertas yang kurang bagus bisa mengakibatkan tinta cetakan melebar sehingga hasil cetakan tidak rapi.

2. Bagaimana cara merawat dan menggunakan printer dengan baik?
a. Letakkan printer di tempat yang aman dan stabil, terhindar dari terpaan sinar matahari langsung maupun debu. 

b. Jauhkan atau hindarkan printer dari benda-benda cair yang mudah tumpah atau kemasukan benda-benda kecil seperti clip, isi stapler, potongan kertas, dan lain sebagainya. 

c. Lakukan pencetakan secara rutin. Jangan biarkan printer terlalu lama tidak digunakan. Hal ini untuk menghindari nozzle (lubang pada printhead) tersumbat oleh tinta yang mengering. Gunakan untuk mencetak Print Test Page minimal 1 kali dalam seminggu. 

d. Jika nozzle ada yang tersumbat biasanya ditandai dengan hasil cetak yang kurang sempurna atau ada warna yang tidak keluar (timbul garis putih horizontal). Solusinya Anda dapat membersihkan nozzle printhead melalui menu maintenance pada driver printer. Jangan membersihkan prinhead secara manual apalagi dicuci/direndam air karena dapat merusak printhead itu sendiri. 

e. Gunakan selalu consumable (tinta dan kertas foto) original  untuk hasil sempurna. 

f. Jangan gunakan kertas berserabut/ berbulu, kotor/berdebu/ berminyak maupun kertas yang terdapat correction pen (tip-ex), stapler, kusut, untuk menghindari kertas tersangkut di dalam printer. 

g. Bila kertas macet/tersangkut di dalam printer, segera matikan printer, kemudian hidupkan kembali. Biasanya kertas akan keluar dengan sendirinya. Jika tidak berhasil, matikan printer kemudian tarik kertas perlahan dan pastikan tidak ada bagian kertas yang tertinggal di dalam printer. Jangan tarik paksa kertas dalam keadaan printer hidup.


Artikel Terkait:

2 comments:

Trik Mudah SEO mengatakan...

Berkunjung di blog sobat... Harap kunjungan baliknya

Obat Kolesterol mengatakan...

saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW jadi tinggal masukin nama + URL anda.
bila ingin tetap bertukar link dengan saya ya tidak apa apa:D
Jangan SPAM ya :D