Menghapus File yang tidak bisa di-delete

Sebagai pengguna Komputer,laptop ataupun Notebook, seringkala Anda menemukan kasus file yang tidak bisa di delete (di hapus) karena corrupt atau rusak. Windows akan menampilkan pesan “file tidak bisa dihapus karena sedang digunakan”. Bahkan , laptop Anda direstart pun akan tetap menampilkan pesan tersebut.

Untuk memaksa windows menghapus file tersebut, lakukan langkah berikut:

  1. Tutup semua dokumen dan program yang sedang anda jalankan.
  2. Shut down laptop,komputer atau notebook anda, kemudian reboot kembali. Hapus file yang tidak bisa di delete tadi.
  3. Jika anda masih tidak dapat membersihkan file tersebut, restart laptop,komputer atau Notebook anda.
  4. Hidupkan kembali komputer,laptop atau Notebook anda, pada saat booting tekan tombol F8 beberapa menit sampai tampil Windows advanced options menu.
  5. Gunakan tombol panah pada keyboard anda untuk memilih Safe mode, kemudian tekan Enter.
  6. Akan muncul pesan pada layar “please select the operation system to start”, anggap anda hanya mempunyai windows yang terinstal di system anda, tekan tombol Enter.
  7. Windows akan menjalankan beberapa software yang akan memakan waktu satu sampai dua menit, tergantung pada versi windows yang telah dikonfigurasi, Login screen atau Welcome screen akan ditampilkan. Jika anda melihat Login screen, ketik nama account dan password anda, kemudian tekan Enter. Jika anda melihat welcome screen, klik ikon untuk label account administrator atau account yang mempunyai hak administratif, kemudian ketik password anda.
  8. Pesan akan menampilkan bahwa windows dijalankan dengan safe mode. Untuk memprosesnya, klik tombol yes.
  9. Cari file yang tidak bisa didelete, kemudian coba kembali untuk mendelete nya.
  10.  Jika anda sukses untuk mendeletenya, restart laptop,komputer atau notebook anda dan nyalakan kembali dengan mode windows seperti biasanya


Artikel Terkait:

3 comments:

Anonim mengatakan...

apa cara di atas sama krn file saya tidak bisa didelete krn awalnya, saya lagi buka file tersebut tapi tiba-tiba laptop habis baterai jadi langsung mati begitu saja. file masih dalam keadaan terbuka. waktu laptop dihidupkan kembali, dan coba buka file tersebut lagi, filenya tidak bisa dibuka alias uda rusak. maka saya merencanakan untuk mendeletenya saja. waktu mendelete yang keluar adalah tulisan "preparing to recycle bin" dan "calculating". ada proses bergeraknya terus menerus. tapi setelah beberapa menit tidak ada reaksi. maka saya cancel saja. buang waktu pikirnya. tapi hal ini juga berpengaruh ke hal yang lain. spt wkt mau buka my computer tidak bisa dibuka. dan semua jd error. apa y sebabnya? thk bantuannya.

Owner mengatakan...

@Anonim : sebaiknya dicoba dulu cara di atas....
kalo tetep nggak berhasil berarti ada yang rusak dengan Windows nya.
bila sudah begitu ya dibawa ke Tempat service terdekat :D

Anonim mengatakan...

wah kasus saya sama banget dengan mas yang di atas nih

Posting Komentar

Blog ini DOFOLLOW jadi tinggal masukin nama + URL anda.
bila ingin tetap bertukar link dengan saya ya tidak apa apa:D
Jangan SPAM ya :D